Minggu, 02 Oktober 2011

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN DESAIN GRAFIS


A.1 Sejarah awal

Pelacakan perjalanan sejarah desain grafis dapat ditelusuri dari jejak peninggalan manusia dalam bentuk lambang-lambang grafis (sign & simbol) yang berwujud gambar (pictograf) atau tulisan (ideograf). Gambar mendahului tulisan karena gambar dianggap lebih bersifat langsung dan ekspresif, dengan dasar acuan alam (flora, fauna,landscape dan lain-lain). Tulisan/ aksara merupakan hasil konversi gambar, bentuk dan tata aturan komunikasinya lebih kompleks dibandingkan gambar. Belum ada yang tahu pasti sejak kapan manusia memulai menggunakan gambar sebagai media komunikasi. Manusia primitif sudah menggunakan coretan gambar di dinding gua untuk kegiatan berburu binatang. Contohnya seperti yang ditemukan di dinding gua Lascaux, Perancis.
Lambang/ aksara sebagai alat komunikasi diawali oleh bangsa Punesia (+ 1000 tahun SM), yang saat itu menggunakan bentuk 22 huruf. Kemudian disempurnakan oleh bangsa Yunani (+ 400 tahun SM) antara lain dengan mengubah 5 huruf menjadi huruf hidup. Kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama yang berhasil menaklukkan Yunani, membawa peradaban baru dalam sejarah Barat dengan diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian, agama, serta alfabet Latin yang dibawa dari Yunani. Pada awalnya bangsa Romawi menetapkan alfabet dari Yunani tersebut menjadi 21 huruf : A, B, C, D, E, F, G, H, I, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, V, dan X, kemudian huruf Y dan Z ditambahkan dalam alfabet Latin untuk mengakomodasi kata yang berasal dari bahasa Yunani. Tiga huruf tambahan J, U dan W dimasukkan pada abad pertengahan sehingga jumlah keseluruhan alfabet Latin menjadi 26.
Ketika perguruan tinggi pertama kali berdiri di Eropa pada awal milenium kedua, buku menjadi sebuah tuntutan kebutuhan yang sangat tinggi. Teknologi cetak belum ditemukan pada masa itu, sehingga sebuah buku harus disalin dengan tangan. Konon untuk penyalinan sebuah buku dapat memakan waktu berbulan-bulan. Guna memenuhi tuntutan kebutuhan penyalinan berbagai buku yang semakin meningkat serta untuk mempercepat kerja para penyalin (scribes), maka lahirlah huruf Blackletter Script, berupa huruf kecil yang dibuat dengan bentuk tipis-tebal dan ramping. Efisiensi dapat terpenuhi lewat bentuk huruf ini karena ketipis-tebalannya dapat mempercepat kerja penulisan. Disamping itu, dengan keuntungan bentuk yang indah dan ramping, huruf-huruf tersebut dapat dituliskan dalam jumlah yang lebih banyak diatas satu halaman buku.A.2 Era Cetak

Desain grafis berkembang pesat seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan dan mesin cetak. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur. Ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali Eropa.
Tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu oleh Peter Schoffer ia mencetak “Latin Bible” atau disebut “Guterberg Bible”, “Mararin Bible” atau “42 line Bible” yang diselesaikanya pada tahun 1456. Temuan Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman terutama untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak huruf (tipografi). Ilustrasi pada masa itu cenderung realis dan tidak banyak icon. Seniman besarnya antara lain Lucas Cranach dengan karyanya “Where of Babilon”.Pada perkembangan berikutnya, Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi. Berbeda dengan mesin cetak Guterberg yang memanfaatkan tehnik cetak tinggi, teknik cetak lithografi menggunakan tehnik cetak datar yang memanfaatkan prinsip saling tolak antara air dengan minyak. Nama lithografi tersebut dari master cetak yang menggunakan media batu litho. Tehnik ini memungkinkan untuk melakukan penggambaran secara lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran besar, juga memungkinkan dilakukannya pemisahan warna. Sehingga masa ini mendukung pesatnya perkembangan seni poster. Masa keemasan ini disebu-sebut sebagai “The Golden Age of The Poster”.
Tokoh-tokoh seni poster tehnik lithogafi (1836-1893) antara lain Jules Cheret dengan karya besarnya “Eldorado: Penari Riang” (1898), “La Loie Fuller: Penari Fuller” (1897), “Quinquina Dubonnet” (1896), “Enu des Sirenes” (1899). Tokoh-tokoh lainya antara lain Henri de Toulouse Lautrec dan Eugene Grasset.
A.3 Perkembangan Lebih Lanjut

Berikut ini merupakan peristiwa-peristiwa penting di dunia yang berperan dalam sejarah perkembangan desain grafis.
1851, The Great Exhibition

Diselenggarakan di taman Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober 1851, pada saat Revolusi industri. Pameran besar ini menonjolkan budaya dan industri serta merayakan teknologi industri dan disain. Pameran digelar dalam bangunan berupa struktur besi-tuang dan kaca, sering disebut juga dengan Istana Kristal yang dirancang oleh Joseph Paxton.
1892, Aristide Bruant, Toulouse-Lautrec

Pelukis post-Impressionist dan ilustrator art nouveau Prancis, Henri Toulouse-Lautrec melukiskan banyak sisi Paris pada abad ke sembilan belas dalam poster dan lukisan yang menyatakan sebuah simpati terhadap ras manusia. Walaupun lithography ditemukan di Austria oleh Alois Senefelder pada tahun 1796, Toulouse-Lautrec membantu tercapainya peleburan industri dan seni.

1910, Modernisme

Modernisme terbentuk oleh urbanisasi dan industrialisasi dari masyarakat Barat. Sebuah dogma yang menjadi nafas desain modern adalah "Form follow Function" yang di lontarkan oleh Louis Sullivan.Symbol terkuat dari kejayan modernisme adalah mesin yang juga diartikan sebagai masa depan bagi para pengikutnya. Desain tanpa dekorasi lebih cocok dengan “bahasa mesin”, sehingga karya-karya tradisi yang bersifat ornamental dan dekoratif dianggap tidak sesuai dengan “estetika mesin”.

1916, Dadaisme

Suatu pergerakan seni dan kesusasteraan (1916-1923) yang dikembangkan mengikuti masa Perang Dunia Pertama dan mencari untuk menemukan suatu kenyataan asli hingga penghapusan kultur tradisional dan bentuk estetik. Dadaisme membawa gagasan baru, arah dan bahan, tetapi dengan sedikit keseragaman. Prinsipnya adalah ketidakrasionalan yang disengaja, sifat yang sinis dan anarki, dan penolakan terhadap hukum keindahan.

1916, De Stijl

Gaya yang berasal dari Belanda, De Stijl adalah suatu seni dan pergerakan disain yang dikembangkan sebuah majalah dari nama yang sama ditemukan oleh Theo Van Doesburg. De Stijl menggunakan bentuk segi-empat kuat, menggunakan warna-warna dasar dan menggunakan komposisi asimetris. Gambar dibawah adalah Red and Blue Chair yang dirancang oleh Gerrit Rietveld.

1918, Constructivism

Suatu pergerakan seni modern yang dimulai di Moscow pada tahun 1920, yang ditandai oleh penggunaan metoda industri untuk menciptakan object geometris. Constructivism Rusia berpengaruh pada pandangan moderen melalui penggunaan huruf sans-serif berwarna merah dan hitam diatur dalam blok asimetris.

1919, Bauhaus

Bauhaus dibuka pada tahun 1919 di bawah arahan arsitek terkenal Walter Gropius. Sampai akhirnya harus ditutup pada tahun 1933, Bauhaus memulai suatu pendekatan segar untuk mendisain mengikuti Perang Duni Pertama, dengan suatu gaya yang dipusatkan pada fungsi bukannya hiasan.

1928-1930, Gill Sans

Tipograper Eric Gill belajar pada Edward Johnston dan memperhalus tipe huruf Underground ke dalam Gill Sans. Gill Sans adalah sebuah jenis huruf sans serif dengan proporsi klasik dan karakteristik geometris lemah gemulai yang memberinya suatu kemampuan beraneka ragam (great versatility).
1931, Harry Beck

Perancang grafis Harry Back ( 1903-1974) menciptakan peta bawah tanah London (London Underground Map) pada tahun 1931. Sebuah pekerjaan abstrak yang mengandung sedikit hubungan ke skala fisik. Beck memusatkan pada kebutuhan pengguna dari bagaimana cara sampai dari satu stasiun ke stasiun yang lain dan di mana harus berganti kereta.

1950s, International Style

International atau Swiss style didasarkan pada prinsip revolusioner tahun 1920an seperti De Stijl, Bauhaus dan Neue Typography, dan itu menjadi resmi pada tahun 1950an. Grid, prinsip matematika, sedikit dekorasi dan jenis huruf sans serif menjadi aturan sebagaimana tipografi ditingkatkan untuk lebih menunjukkan fungsi universal daripada ungkapan pribadi.
1951, Helvetica

Diciptakan oleh Max Miedinger seorang perancang dari Swiss, Helvetica adalah salah satu tipe huruf yang paling populer dan terkenal di dunia. Berpenampilan bersih, tanpa garis-garis tak masuk akal berdasarkan pada huruf Akzidenz-Grotesk. Pada awalnya disebut Hass Grostesk, nama tersebut diubah menjadi Helvetica pada tahun 1960. Helvetica keluarga mempunyai 34 model ketebalan dan Neue Helvetica mempunyai 51 model.
1960s, Psychedelia and Pop Art

Kultur yang populer pada tahun 1960an seperti musik, seni, disain dan literatur menjadi lebih mudah diakses dan merefleksikan kehidupan sehari-hari. Dengan sengaja dan jelas, Pop Art berkembang sebagai sebuah reaksi perlawanan terhadap seni abstrak. Gambar dibawah adalah sebuah poster karya Milton Glaser yang menonjolkan gaya siluet Marcel Duchamp dikombinasikan dengan kaligrafi melingkar. Di cetak lebih dari 6 juta eksemplar.
1984, Émigré

Majalah disain grafis Amerika, Émigré adalah publikasi pertama untuk menggunakan komputer Macintosh, dan mempengaruhi perancang grafis untuk beralih ke desktop publishing ( DTP). Majalah ini juga bertindak sebagai suatu forum untuk eksperimen tipografi.

Referensi :
Wikipedia

Selasa, 24 Mei 2011

Metodologi Analisis Web

Analisis WEB sehingga anda dapat menentukan WEB yang baik dan buruk. Dalam perkembagan dunia yang berbasis IT, seperti desain web, banyak juga yang harus di perhatikan dalam mengetahui web itu baik atau benar, ya salah satu nya dengan Metodelogi Analisis Web. Analisis Web adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data internet untuk tujuan memahami dan mengoptimalkan penggunaan web. Web analytics bukan hanya alat untuk mengukur lalu lintas situs Web tetapi dapat digunakan sebagai alat untuk penelitian bisnis dan riset pasar. Web analytics aplikasi juga dapat membantu perusahaan mengukur hasil kampanye iklan cetak tradisional. Ini membantu seseorang untuk memperkirakan bagaimana lalu lintas ke situs web berubah setelah peluncuran kampanye iklan baru. analisis Web menyediakan data tentang jumlah pengunjung, tampilan halaman, dll untuk mengukur lalu lintas dan tren popularitas yang membantu melakukan riset pasar.

Secara keselurhan, ini kriteria situs web yang baik :
- Loading halaman cepat
- Gunakan elemen grafis (foto, gambar, dsb.) untuk mengisi jeda antara paragraf dalam sebuah tulisan berukuran sangat panjang
- Buat setiap halaman tampak sebagai bagian dari situs tersebut; tampilkan elemen tertentu secara berulang yang akan mengingatkan pengunjung bahwa ia masih berada dalam situs yang sama.
- Tombol dan bar navigasi mudah dipahami penggunaannya – Navigasi konsisten di seluruh situs – Frame, jika digunakan, tidak menggangu – Situs berukuran besar memiliki index atau peta situs
- Warna link disesuaikan dengan warna halaman – Link selalu bergaris bawah sehingga jelas bagi pengunjung
- Tombol-tombol berukuran secukupnya
- Setiap gambar ada keterangan/label alt-nya
- Setiap link gambar memiliki link teks yang sesuai

Secara keselurhan, ini kriteria situs web yang BURUK :
- Loading makan waktu lama
- Halaman pertama (index/home) tidak pas dalam browser standar (800 x 600 pixel)
- Frame yang harus discroll menyamping – Tak ada fokus tema pada halaman itu
- Warna abu-abu standar
-Kombinasi teks dan latar belakang yang membuat tulisan sulit dibaca
- Latar belakang terlalu ramai dan menyakitkan mata (misalnya menggunakan gambar gif animasi) yang membuat tulisan tidak jelas – Teks terlalu kecil sehingga sulit dibaca
- Teks terlalu panjang dan menembus batas kanan halaman
- Seluruh paragraf ditulis dengan HURUF BESAR – Seluruh paragraf ditulis dengan huruf cetak tebal
- Link standar berwarna biru
- Ada border link berwarna biru di seputar gambar
- Link yang tidak jelas akan membawa pengunjung kemana
- Gambar yang sangat besar sehingga loadingnya lama

Kamis, 14 April 2011

Gangguan – gangguan Dalam Dunia Internet


Phishing
Dalam komputer, pengelabuan (Inggris: phishing) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.
Dengan banyaknya kasus pengelabuan yang dilaporkan, metode tambahan atau perlindungan sangat dibutuhkan. Upaya-upaya itu termasuk pembuatan undang-undang, pelatihan pengguna, dan langkah-langkah teknis.

Spam
Spam atau bisa juga berbentuk junk mail adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik (termasuk media penyiaran dan sistem pengiriman digital) untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal. Umumnya, spam menampilkan berita secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Pada akhirnya, spam dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Orang yang menciptakan spam elektronik disebut spammers.
Bentuk spam yang dikenal secara umum meliputi : spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spamiklan baris daring, spam jejaring sosial.
Beberapa contoh lain dari spam, yaitu pos-el berisi iklan, surat masa singkat (SMS) pada telepon genggam, berita dalam suatu forum kelompok warta berisi promosi barang yang tidak terkait dengan kegiatan kelompok warta tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, berita yang tak berguna dan masuk dalam blog, buku tamu situs web, spam transmisi faks, iklan televisi dan spam jaringan berbagi.
Spam dikirimkan oleh pengiklan dengan biaya operasional yang sangat rendah, karena spam tidak memerlukan senarai (mailing list) untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Karena hambatan masuk yang rendah, maka banyak spammers yang muncul dan jumlah pesan yang tidak diminta menjadi sangat tinggi. Akibatnya, banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISPPenyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Spam sering mengganggu dan terkadang menipu penerimanya. Berita spam termasuk dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan pidana yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet. (

 

Bentuk Spam :

Surat Elektronik
Spam surat elektronik, yang dikenal sebagai surat elektronik massal yang tidak diminta (unsocialicited bulk email atau UBE), junk mail, atau surat elektronik komersial yang tidak diminta (unsocialited commercial email atau UCE), adalah praktik pengiriman pesan dalam surat elektronik yang tidak diinginkan, sering bersifat komersial, dan masuk dalam jumlah besar kepada siapa pun. Spam di surat elektronik mulai menjadi masalah ketika internet dibuka untuk umum pada pertengahan 1990-an. Pertumbuhan yang pesat dari tahun ke tahun hingga saat ini telah menghasilkan spam 80% – 85% dari seluruh surat elektronik di dunia. Tekanan untuk membuat spam surat elektronik telah berhasil di beberapa negara hukum. Spammers mengambil keuntungan dari fakta ini dengan sering mengirimkan spam ke negara lain sehingga tidak akan membuat mereka bermasalah secara hukum.
Dalam perkembangannya, spam surat elektronik saat ini dikirim melalui "jaringan zombie", jaringan virus yang terinfeksi di komputer pribadi baik rumah atau di kantor di seluruh dunia. Hal ini mempersulit upaya untuk mengontrol penyebaran spam, seperti banyak kasus di mana spam tidak berasal dari spammers. Munculnya banyak spam yang bukan dari spammers dikarenakan pembuat perangkat perusak, spammers, dan penipu keuangan belajar satu sama lain sehingga memungkinkan mereka membentuk berbagai jenis kerja sama.
Pesan instan
Spam pesan instan memanfaatkan sistem dari pesan instan. Meskipun memiliki banyak kekurangan dibandingkan surat elektronik, menurut laporan dari Ferris Research, 500 juta spam pesan instan yang dikirim pada tahun 2003, jumlahnya naik dua kali lipat dibanding tahun 2002. Spam pesan instan cenderung tidak diblokir oleh firewall sehingga saluran ini sangat berguna bagi para spammers.
Usenet Newsgroup dan forum
Spam newsgroup adalah jenis spam yang sasarannya adalah usenet newsgroup. Jenis spam ini sebenarnya merupakan spam sebelum spam surat elektronik. Spam ini sering masuk secara berulang dengan subtansi pesan yang sama.
Spam forum adalah menciptakan pesan berupa iklan atau pesan yang tidak diinginkan di forum internet. Umumnya, spam ini dilakukan oleh robot spam otomatis. Kebanyakan spam di forum terdiri dari link ke situs eksternal, dengan tujuan selain untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari di daerah sangat kompetitif seperti penurunan berat badan, obat-obatan, perjudian, pornografi atau pinjaman, juga untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas dalam situs web komersial itu.
Telepon genggam
Spam telepon genggam diarahkan pada layanan pesan teks di ponsel. Spam ini bisa sangat mengganggu pelanggan karena bukan hanya masalah ketidaknyamanan, tetapi juga karena biaya yang mungkin dikenakan dari setiap pesan teks yang diterima. Istilah "kejang" diciptakan di website iklan Adland pada tahun 2000 untuk menggambarkan pesan teks spam.
Permainan Daring
Banyak permainan daring yang memungkinkan pemain untuk menghubungi satu sama lain melalui pesan, ruang diskusi, atau area diskusi publik. Syarat yang harus dipenuhi sebagai spam bervariasi dari setiap permainan, tetapi biasanya istilah ini berlaku untuk semua bentuk pesan massal dan melanggar syarat-syarat kontrak jasa untuk situs web. Hal ini sangat umum ditemui adalah perdagangan uang secara nyata. Spammers untuk jenis ini mencoba untuk menjual permainan yang berhubungan dengan barang dan uang dalam dunia nyata. Mereka mengirim spam melalui sistem pesan dalam permainan atau bisa juga mematikan permainan kemudian membawa pemain ke situs web penjualan. Spam dapat mengganggu permainan sehingga spam tidak disarankan oleh pengembang permainan daring.
Mesin pencari informasi web (web search engine spam)
Spam ini disebut juga spamdexing, singkatan dari spamming dan indexing. Spamdexing ini mengacu pada praktek di WWW dari modifikasi halaman HTML untuk meningkatkan kesempatan mereka dalam menempatkan spam di mesin pencari dengan relevansi paling tinggi. Banyak mesin pencari modern memodifikasi pencarian algoritma mereka untuk mencoba mengecualikan halaman web menggunakan taktik spamdexing. Misalnya, mesin pencari akan mendeteksi kata kunci yang berulang sebagai spam dengan menggunakan analisis tata bahasa. Jika pemiliki web ditemukan memiliki spam untuk meningkatkan halaman palsu tersebut, situs web dapat dikenakan sanksi oleh mesin pencari.
Blog, wiki, dan buku tamu
Spam blog atau “blam” secara singkat adalah spam pada weblog. Pada tahun 2003, jenis spam ini mengambil keuntungan dari komentar terbuka dalam blog perangkat lunak Movable Type dengan berulang kali menempatkan komentar untuk berbagai posting blog. Serangan serupa sering dilakukan terhadap wiki dan buku tamu, keduanya menerima kontribusi pengguna.

 Snooping
IGMP snooping adalah proses mendengarkan Internet Group Management Protocol (IGMP) lalu lintas jaringan. IGMP snooping, seperti yang tersirat dengan nama, adalah fitur yang memungkinkan jaringan beralih untuk mendengarkan pada percakapan IGMP antara host dan router . Dengan mendengarkan percakapan ini saklar mempertahankan peta yang menghubungkan kebutuhan yang IP multicast stream. 

Pharming
Pharming adalah hacker 's serangan bertujuan untuk mengarahkan sebuah website 'lalu lintas ke situs palsu,. Pharming dapat dilakukan baik dengan mengubahfile host di komputer korban atau dengan eksploitasi dari kerentanan dalam server DNS perangkat lunak . DNS server adalah komputer bertanggung jawab untuk menyelesaikan nama internet menjadi nyata mereka alamat - mereka adalah "penunjuk arah" dari internet . Dikompromikan DNS server kadang-kadang disebut sebagai "keracunan" .
The pharming panjang merupakan kata baru berbasiskan pertanian dan phishing . Phishing adalah jenis social engineering serangan untuk mendapatkan mandat akses seperti nama pengguna dan password . Dalam beberapa tahun terakhir kedua pharming dan phising telah digunakan untuk pencurian identitas onlineinformasi. Pharming telah menjadi perhatian utama bisnis hosting e-commerce dan perbankan online website. langkah-langkah canggih yang dikenal sebagai anti-pharming diperlukan untuk melindungi ini serius ancaman . perangkat lunak antivirus dan spyware removal software tidak dapat melindungi terhadap pharming.
Spyware
Spyware adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada salah satu bentuk perangkat lunak mencurigakan (malicious software/malware) yang menginstalasikan dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data milik pengguna.
Spyware merupakan turunan dari adware, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan Internet untuk mendatangkan "segudang iklan" kepada pengguna. Tetapi, karena adware kurang begitu berbahaya (tidak melakukan pencurian data), spyware melakukannya dan mengirimkan hasil yang ia kumpulkan kepada pembuatnya (adware umumnya hanya mengirimkan data kepada perusahaan marketing).
  
Spoofing
Dalam konteks keamanan jaringan , serangan spoofing adalah sebuah situasi di mana satu orang atau program berhasil menyamar sebagai lain dengan memalsukan data dan dengan demikian mendapatkan keuntungan tidak sah.

Cookies
Pemakai Internet sering merasa takut dan selalu memandang curiga pada cookie. Katanya, ia mengambil data pribadi kita dan diam-diam mentrasfernya lewat internet. Secara teknis, yang dimaksud cookie dalam dunia Internet adalah sekumpulan data pribadi pengunjung website, yang disimpan browser pada PC pengunjung itu sendiri. Pada kunjungan berikiutnya, data tersebut otomatis dikirim ke server web bersangkutan. Metode ini merupakan penemuan Netscape, dan sekarang hampir digunakan semua browser menyimpan cookie.

Bagi Penjelajah web, cookie merupakan suatu keuntungan.
Misalnya, kita sering mengunjungi sebuah website penyedia musik. Bila kita memberikan keterangan tentang jenis musik apa yangg disukai, pada kunjungan berikutnya websites dapat menampilkan lagu-lagu baru dari jenis musik tersebut. Oleh karena menyimpan data pribadi pada server pengelola website secara teknis maupun hukum akan menimbulkan masalah.

Data tersebut disimpan pada PC pengunjung sendiri sebagai cookie. File teks ini sangat sederhana. Ia selalu berisi nama cookie , nilainya, tanggal masa berlaku (expire date), dan nama server website. Selain itu ada pula catatan, apakah cookie itu hanya boleh dibaca oleh server dengan transfer data diacak melalui protokol SSL (Secure Socket Layer) atau tidak
.


Cara Membuat Website Standar


Dari segi Software yang kita butuhkan, tergantung dari user, contoh software yang ada untuk membuat website, yaitu :

Software Desain
 Membuat desain layout homepage, sebagai awal dalam membuat web biasanya para web designer dimulai dengan software ini sebagai tampilan sementara dan variasinya.
• Adobe Photoshop : Desain berbasis titik ( bitmap )
CorelDraw : Desain berbasis vector (garis)
• Macromedia Firework : Design & terjemahkan/optimalkan bitmap dalam bentuk web
• Adobe Image Ready : Memotong image dalam format html
• Adobe Illustrator : Desain berbasis vector
• Macromedia Freehand : Desain berbasis vector

Software Efek Desain
Berguna untuk menghidupkan desain yang telah kita rancang.
• Painter : Memberikan efek lukisan
• Ulead Photo Impact : Efek frame dan merancangan icon yang cantik.
• Plugins Photoshop : Memberi efek desain saat mendesain layout homepage di Photoshop.

Software Animasi
Menambahkan animasi agar kelihatan lebih menarik dan hidup.
• 3D Studio Max : Untuk membuat objek dan animasi 3D.
• Gif Construction Set : Membuat animasi file gif
Macromedia Flash : Menampilkan animasi berbasis vector yang berukuran kecil.
• Microsoft Gif Animator : Membuat animasi file gif
• Swift 3D : Merancang animasi 3D dengan format file FLASH.
• Swish : Membuat berbagai macam efek text dengan format file FLASH.
• Ulead Cool 3D : Membuat animasi efek text 3D.

Software Capture
Untuk mengambil sebagian gambar dr image lain
• Snagit : Untuk capture dan juga bisa edit hasilnya.

Software Web Editor
Istilah lainnya adalah CMS (Content Management System), Menyatukan keseluruhan gambar dan tata letak desain, animasi, mengisi halaman web dengan teks dan bahasa script.
Macromedia Dreamweaver : Editor yg umum dipakai dgn berbagai fasilatas visual tuk kemudahannya.
Microsoft Frontpage : Editor lama, sebelum mengenal dreamweaver bawaan microsoft
• Joomla : CMS free, dipakai tuk web / blog yg sering update berita.
WordPress : seperti joomla hanya tidak selengkap joomla tp lebih mudah pemakaiannya.



Software Upload
File html diletakkan ( upload ) di suatu tempat ( hosting ) agar orang dapat melihat homepage di internet.
• FileZilla FTP : free FTP dan banyak dipakai para bloger
• Cute FTP : FTP yg gw pake cos lebih familiar
• Macromedia Dreamweaver : Fasilitas Site FTP
• Microsoft Frontpage : Fasilitas Publish

Sound Editor
 Buat yg berjiwa music bisa menhidupkan web/blog dengan software ini. Tools tuk manipulasi file midi atau wav.
• Sound Forge : Manipulasi efek file yang berformat mp3 dan wav.
• Cakewalk : Manipulasi efek untuk file yang berformat midi

Browser
Untuk menampilkan hasil web / blog dalam local computer atau dunia maya luar.
• Internet Explorer : Web browsing standar bawaan Microsoft
• Mozilla FireFox : Browser terbaik yg popular
Opera : Browser yang memiliki segudang fitur
• Netscape : Browser yang memiliki pengaman terhadap virus dan spyware

Software-sotware diatas hanya beberapa bagian software dalam menciptakan sebuah web / blog. Untuk kemudahannya dalam membangun awal sebuah web disarankan mempelajari Macromedia Firework / Photoshop sebagai design dan Mac. Dreamweaver sebagai editornya dan bila sudah jadi bisa di upload menggunakan Cute FTP. dan untuk lihat hasilnya bisa memakai Mozilla.

Selanjutnya adalah langkah-langkah dan publikasi dalam pembuatan Website :

1.      Persiapkan alamat website (domain)

Nama domain merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama domain memberikan kemudahan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengenal deretan nomer atau yang dikenal IP.

Untuk itulah perusahaan membutuhkan "nama doamain" (misalnya alamat domain berupa "www.PerusahaanAnda.com" atau "www.PerusahaanAnda.co.id"). Dengan membeli nama domain tersebut, pengguna internet cukup memasukan "www.PerusahaanAnda.com" ke internet explorer (browser) mereka untuk mengunjung website yang dibuat perusahaan. Sebagai contoh: untuk mengunjungi wabsite Yahoo, cukup memasukan "www.yahoo.com" atau "yahoo.com" ke internet explorer. Nama domain tersebut yang akan mengantarkan pengguna internet ke website perusahaan.

2.       Hosting

Setelah mendapatkan alamat website/ nama doamain, kemudian dibutuhkan servis yang dinamakan web hosting. Web hosting adalah menyewakan ruangan hard disk dan fasilitas di server internet untuk mendapatkan dokumen-dokumen web (html, database, audio, video, dsb) Sehingga menjadi situs web yang dapat dikunjung dari seluruh dunia.

Mengapa membutuhkan domain?
Bila bisnis ingin diketahui informasi mengenai perusahaan dan mudah ditemukan oleh khalayak dunia, atau ingin citra perusahaan meningkat dengan online di internet. atau bila mempunya bisnis berbasis internet, maka perusahaan memerlukan server yang terhubung dengan internet selama 24 jam sehari untuk menempatkan homepage perusahaan.

3.      Tentukan isi dari website

Menyiapkan segala informasi yang dibutuhkan, seperti:
a. Content: informasi yang akan dimuat kedalam website yang berupa text dan kumpulan foto-foto.
b. Design: tampilan yang dibuat untuk keindahan tampilan di website sehingga menarik perhatian para pengunjung agar betah melihat website perusahaan, sehingga tertarik melihat seluruh informasi yang telah disiapkan oleh perusahaan.

Cara membuat design atau isi website
design dari website tergantung dari jiwa seni masing-masing perusahaan, yang tentunya hal ini mempengaruhi ketertarikan pengunjung untuk melihat web secara keseluruhan. Membuat halaman web bisa menggunakan software apa saja, tetapi yang harus diketahui script apa yang digunakan. untuk script atau perintah dasar dari html bisa dipelajari melalui :
http://www.rumahweb.com/journal/dasar-dasar-html-i.htm
Tapi ada juga beberapa software yang memang khusus digunakan untuk membuat design tampilan website. Seperti yang banyak digunakan adalah untuk tampilan awal biasa menggunakan software adobe photoshop yang biasa digunakan untuk mengedit foto dan mempercantik gambar yang akan ditampilkan di website. kemudian dapat dimodifikasi dengan menggunakan software macromedia dreamwaver, tetapi software ini harus memiliki banyak pengetahuan mengenai script atau perintah HTML. ada juga yang menggunakan software notepad untuk melakukan sedikit perubahan pada file html tadi.

Bagi sebagian perusahaan yang sudah memiliki website, memiliki beberapa kendala seperti adanya kesulitan bagi pelanggan dalam mengakses atau mencari website di search engine. hal ini tentu menjadi kendala bagi perusahaan. berikut adalah beberapa langkah agar wesbsite perusahaan dapat terdeteksi oleh search engine Google.



Cara membuat website listing di google

1. Memilih nama domain
nama domain akan menjadi keyword pencarian sebuah obyek yang di cari di internet. Untuk itu nama domain dianjurkan sesuai nama perusahaan atau sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Memilih tempat hosting
Hindari pemilihan tempat hosting atau server penyimpanan data web yang sering bermasalah atau sering down. server yang sering down dapat mempengaruhi kinerja dari web perusahaan terutama kinerja dari robot search engine.

3. Design web yang ringan
dianjurkan dalam membuat design dari web menggunakan aplikasi-aplikasi yang ringan karena hal ini dapat mempengaruhi loadingnya website pada search engine.

4. Penggunaan Meta Tag
Penggunaan meta tag harus sinkron antara isi atau content website. antara tittle, description dan keyword harus sinkron dengan isi website pada body page atau lembaran web. Antara page awal dengan halaman yang lain harus beda sesuai dengan content halaman yang bersangkutan.

5. Broken Link
perlu diingatkan bahwa agar website yang di onlinekan tidak broken link. Usahakan agar link-link dari page awal sampai ke page-page lainnya tidak bermasalah atau bisa diakses, sehingga tidak mengganggu dalam proses browser oleh user dan yang lebih penting oleh robot search engine.

6. Submiting
Setelah melakukan semua langkah di atas, selanjutnya adalah submit, tukaran link, mengisi guestbook, masuk forum dan beri komentar-komentar pada blog orang lain dan lain-lain. Hal ini sangat mempengaruhi posisi website perusahaan pada lalulintas internet dunia dan berpengaruh pada page rank.



Rabu, 23 Maret 2011

Pengertian Web

www(world wide web) adalah nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Sampai saat ini ada beberapa software web browser yang sering digunakan antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla dan Opera. Software-software ini nanti akan dibahas secara detail dalam bagian lain di Mata Kuliah Desain Grafis Web. World Wide Web atau WWW atau singkatnya web, terdiri dari jutaan situs web (web site) dan setiap web site terdiri banyak halaman web (web page). Halaman-halaman web ini tersebar di seluruh dunia di komputer-komputer server yang terhubung dengan Internet. Situs-situs seperti www.yahoo.com atau www.microsoft.com adalah web site yang sudah lama ada dan menyediakan banyak sekali fasilitas sehingga halaman dalam situs ini juga sangat banyak.

Web server merupakan sebuah perangkat lunak dalam server yang berfungsi menerima permintaaan (request) berupa halaman web melalui HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali (response) hasilanya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.

Webpage adalah halaman yang tampak dari sebuah software web browser. Halaman ini seperti file dokumen word-processing, kecuali didalamnya dapat terkandung text, gambar bahkan animasi. Untuk dapat membuat halaman web ini anda harus memiliki pengetahuan tentang skrip (script) HTML (hyper-text markup language). HTML akan dibahas lebih mendetail dalam bagian lain di mata kuliah ini.
Web Browser adalah suatu program yang digunakan untuk menjelajahi dunia Internet atau untuk mencari informasi tentang suatu halaman web yang tersimpan di komputer. Awalnya, web browser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar.
Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia. Browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengolah bahasa HTML sebahai input dan menjadikan halaman web sebagai output yang informatif.
Contoh web browser antara lain : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, netscape, dll.
Hal yang perlu diketahui dalam penjelajahan internet adalah pemahaman struktur alamat web, misalkan http://www.google.com maka alamat tersebut dapat diartikan :

~ http : service transfer web (protokol)
~ www : jaringan situs web terbesar sebagai pengelola pengalamatan situs web
~ google : nama wilayah (domain) , yaitu nama sebagai institusi sebuah web
~ com : nama akhir domain, biasanya menunjukkan bidang situs tersebut

beberapa domain name :
- co, com : perusahaan komersial
- net : perusahaan networking
- org, or : organisasi nonprofit atau yayasan
- edu, ac, sch : lembaga pendidikan
- mil : lembaga militer
Website terdiri dari beberapa halaman web yang saling terkait (linked) antara yang satu dengan yang lain dengan satu cara tertentu. Kebanyakan orang masih rancu dengan definisi ini sehingga mempersulit pemahaman selanjutnya.Salah satu keunggulan World Wide Web adalah hyperlink. Hyperlink adalah teks (biasanya) berwarna biru dan (biasanya) bergaris bawah yang dapat di-click dan akan menuju ke halaman web yang lain. Hyperlink ini apat diletakkan di mana saja di dalam halaman web dan boleh diatur untuk menuju ke mana saja di seluruh web. Saat anda mengunjungi sebuah halaman web, anda dapat secara langsung meng-click sebuah hyperlink dan komputer ini akan mengambil (mendownload) situs/halaman yang dilink pada hyperlink tersebut dan menampilkannya di web browser.Umumnya, perancang situs web meletakkan banyak hyperlink di situs mereka untuk membantu para pengunjung situsnya untuk menemukan situs lain yang terkait dengan situs tersebut. Hyperlink-hyperlink ini dapat menghubungkan dengan situs lain di server lain di seluruh dunia.

www(world wide web) adalah nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Sampai saat ini ada beberapa software web browser yang sering digunakan antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla dan Opera. Software-software ini nanti akan dibahas secara detail dalam bagian lain di Mata Kuliah Desain Grafis Web. World Wide Web atau WWW atau singkatnya web, terdiri dari jutaan situs web (web site) dan setiap web site terdiri banyak halaman web (web page). Halaman-halaman web ini tersebar di seluruh dunia di komputer-komputer server yang terhubung dengan Internet. Situs-situs seperti www.yahoo.com atau www.microsoft.com adalah web site yang sudah lama ada dan menyediakan banyak sekali fasilitas sehingga halaman dalam situs ini juga sangat banyak.

Web server merupakan sebuah perangkat lunak dalam server yang berfungsi menerima permintaaan (request) berupa halaman web melalui HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali (response) hasilanya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.

Webpage adalah halaman yang tampak dari sebuah software web browser. Halaman ini seperti file dokumen word-processing, kecuali didalamnya dapat terkandung text, gambar bahkan animasi. Untuk dapat membuat halaman web ini anda harus memiliki pengetahuan tentang skrip (script) HTML (hyper-text markup language). HTML akan dibahas lebih mendetail dalam bagian lain di mata kuliah ini.
Web Browser adalah suatu program yang digunakan untuk menjelajahi dunia Internet atau untuk mencari informasi tentang suatu halaman web yang tersimpan di komputer. Awalnya, web browser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar.
Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia. Browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengolah bahasa HTML sebahai input dan menjadikan halaman web sebagai output yang informatif.
Contoh web browser antara lain : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, netscape, dll.
Hal yang perlu diketahui dalam penjelajahan internet adalah pemahaman struktur alamat web, misalkan http://www.google.com maka alamat tersebut dapat diartikan :

~ http : service transfer web (protokol)
~ www : jaringan situs web terbesar sebagai pengelola pengalamatan situs web
~ google : nama wilayah (domain) , yaitu nama sebagai institusi sebuah web
~ com : nama akhir domain, biasanya menunjukkan bidang situs tersebut

beberapa domain name :
- co, com : perusahaan komersial
- net : perusahaan networking
- org, or : organisasi nonprofit atau yayasan
- edu, ac, sch : lembaga pendidikan
- mil : lembaga militer
Website terdiri dari beberapa halaman web yang saling terkait (linked) antara yang satu dengan yang lain dengan satu cara tertentu. Kebanyakan orang masih rancu dengan definisi ini sehingga mempersulit pemahaman selanjutnya.Salah satu keunggulan World Wide Web adalah hyperlink. Hyperlink adalah teks (biasanya) berwarna biru dan (biasanya) bergaris bawah yang dapat di-click dan akan menuju ke halaman web yang lain. Hyperlink ini apat diletakkan di mana saja di dalam halaman web dan boleh diatur untuk menuju ke mana saja di seluruh web. Saat anda mengunjungi sebuah halaman web, anda dapat secara langsung meng-click sebuah hyperlink dan komputer ini akan mengambil (mendownload) situs/halaman yang dilink pada hyperlink tersebut dan menampilkannya di web browser.Umumnya, perancang situs web meletakkan banyak hyperlink di situs mereka untuk membantu para pengunjung situsnya untuk menemukan situs lain yang terkait dengan situs tersebut. Hyperlink-hyperlink ini dapat menghubungkan dengan situs lain di server lain di seluruh dunia.