Rabu, 28 November 2012

Bisnis Informatika


BISNIS INFORMATIKA.., dari kata yang telihat saja, yaitu bisnis.... dan informatika..., tentunya pasti kita akan tertarik untuk mempelajarinya atau bahkan langsung mempraktekkanya. namun sebelum itu, sebaiknya kita mengetahui apa definisi bisnis informatika itu. Seperti yang kita ketahui, Bisnis Informatika terdiri dari 2 kata yaitu BISNIS dan INFORMATIKA. Saya telah mencoba mencari berbagai sumber terpercaya salah satunya wikipedia.
dari sumber yang didapat, Bisnis menurut Ilmu Ekonomi adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, sernyaerta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.
Berdasarkan dari 2 pernyataan diatas bisnis informatika adalah orang atau sekelompok orang yang melakukan aktifitas perdagangan dengan menggunakan prinsip - prinsip informatika.
Nah, selanjutnya saya mengambil contoh sebuah perusahaan berbasis IT di Indonesia yaitu PT. Telekomunikasi Indonesia. Tbk - TELKOM, yang memiliki visi misi sebagai berikut :
Visi:
Untuk menjadi pelopor dalam penerapan tanggung jawab sosial perusahaan di Asia
Misi:
Mengambil peran aktif dalam menciptakan masyarakat yang lebih cerdas melalui pendidikan teknologi InfoComm;
Mengambil peran aktif dalam meningkatkan kualitas hidup dalam kehidupan masyarakat;
Mengambil peran aktif dalam memelihara keseimbangan alam.

untuk Sistem Rekrutmen tenaga kerjanya dari yang saya dapatkan di internet yaitu dengan cara mendaftarkan diri ke situs http://rekrutmen.telkom.co.id/ dengan memenuhi persyaratannya.

Tanggung jawab terhadap konsumen dan lingkungan sosial saya mengutip beberapa baris paragraf dari halaman website http://www.telkom.co.id/telkom-peduli/pesan-ceo/ sebagai berikut :
Keberhasilan pertumbuhan bisnis kami telah menjadi landasan yang kokoh untuk mewujudkan komitmen kami dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan TELKOM (Corporate Social Responsibility [CSR]). Sesuai dengan tema utama CSR kami, yaitu “Membangun Indonesia Cerdas", kami terus berupaya membawa manfaat komunikasi dan teknologi informasi kepada masyarakat di seluruh negeri, dengan keyakinan bahwa bangsa yang cerdas akan membawa manfaat dan kesempatan kemakmuran lebih besar bagi kita semua.
Kami juga selalu mengupayakan peningkatan kinerja pada tiga aspek utama CSR yaitu ekonomi, lingkungan, dan sosial melalui sejumlah langkah strategis. Layanan kepada dan kepuasan pelanggan yang merupakan pemangku kepentingan terpenting dalam bisnis, memperoleh porsi terbesar dalam fokus kinerja sosial, khususnya tanggung jawab produk. Seperti yang dilaporkan dalam Laporan Keberlanjutan ini, berbagai strategi telah kami jalankan untuk memperoleh dan menjaga kepercayaan pelanggan.
Bagi kami, pelanggan adalah bagian dari arus kecenderungan global, di mana pilihan dan keputusan pelanggan saat ini adalah signifikan dalam berbagai aspek keberlanjutan (sustainability). Di antaranya adalah isu penggunaan teknologi ramah lingkungan serta inovasi teknologi murah.
== == == 
Berikut Berita CSR(Corporate Social Responsibility) perusahaan TELKOM :


Demikian pembahasan singkat tentang Bisnis Informatika yang saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat buat pembaca, Terima Kasih.  

sumber referensi : 
http://www.telkom.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar